Kontak

RS Kurnia Cilegon

RS Kurnia Serang

Edit Template

MITOS FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN

Home - Blog Detail

Tahukah sahabat, banyaknya mitos kehamilan yang masih dipercaya hingga kini, yang terkadang membuat ibu hamil jadi sulit untuk membedakan antara mitos dan fakta. Berikut beberapa mitos yang masih cukup sering terdengar seputar kehamilan, yuk kita ketahui bersama informasinya.

 

Mitos Fakta seputar kehamilan

  1. Ibu hamil dilarang minum kopi
  2. Berhubungan intim saat hamil bisa membahayakan kandungan
  3. Makan nanas dapat menyebabkan keguguran
  4. Ibu hamil tidak boleh berolahraga


Ibu hamil dilarang minum kopi

Ibu hamil boleh mengonsumsi kopi namun tetap dalam batasan yang normal tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 200 mg kafein per hari, atau setara dengan tiga cangkir teh atau satu gelas kopi instan. Tubuh bayi yang masih berkembang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna kafein, sehingga bayi dapat terpapar oleh kafein lebih lama. Jika konsumsi kopi berlebihan, yaitu lebih dari 300 mg/hari maka dapat beresiko bayi lahir dengan berat badan rendah.


Berhubungan intim saat hamil bisa mebahayakan kandungan

Selama kondisi kehamilan tidak ada kelainan, hubungan intim tidak akan membahayakan bayi di dalam kandungan karena bayi terlindung oleh kantung dan cairan ketuban, otot rahim yang kuat, serta lapisan lendir tebal pada leher rahim. Tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter mengenai hubungan seksual selama kehamilan, terutama bagi ibu hamil dengan riwayat kelahiran prematur.

Makan nanas dapat menyebabkan keguguran

Buah Nanas mengandung Vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk ibu hamil. Namun konsumsi nanas tidak boleh berlebihan, karena dapat menyebabkan kadar bromelain dalam tubuh meningkat. Jika kadar bromelain terlalu tinggi dapat memecah protein dan berpotensi menyebabkan keguguran. Pada dasarnya segala jenis makanan dapat berdampak buruk pada kehamilan jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi bijaklah dalam mengonsumsi makanan/minuman apapun itu.

Ibu hamil tidak boleh berolahraga

Olahraga ringan hingga sedang memiliki banyak manfaat kesehatan selama kehamilan. Mulai dari membantu ibu hamil mengelola kenaikan berat badan, sampai dapat membantu proses persalinan yang lebih sehat. Namun, ibu hamil tetap perlu menghindari olahraga berat atau intensitas yang tinggi, atau olaharaga yang beresiko terhantam atau jatuh. Perhatikan pemanasan dan pendinginan olahraga, durasi olahraga, jangan sampai terlalu lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

  • All Post
  • Artikel
  • Berita
  • Informasi
  • Uncategorized

Emergency Call

Lorem Ipsum is simply dumy text of the printing typesetting industry beautiful worldlorem ipsum.

Categories

" KESELAMATAN PASIEN ADALAH PRIORITAS KAMI "

© 2023 Created with PT. Kurnia Sejahtera